Kamis, 04 Desember 2014

MAKALAH STRATEGI PEMBELAJARAN AUD


MAKALAH
STRATEGI PEMBELAJARAN AUD
Oleh :
1.      Yuli Mestika               (12051O3)
2.      Melisa Azni                 (1205098)
3.      Ayu Ramadhani          (1205100)
4.      Hafiza Rosa                (1205110)
5.      Alif Laini                    (1205101)
6.      Nor Eka Sari               (1205127)
7.      Despa Ayuni               (1205091)

Dosen : Dra. Hj. Izzati, M. Pd


PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012




KATA PENGANTAR

Puji syukur kita ucapkan atas kehadirat allah SWT atas berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul Strategi Pembelajaran.
            dalam penyusunan makalah ini kami masih merasa terdapat kekurangan-kekurangan baik pada penulisan maupun pada materi yang kami dapat melalui sumber buku dan internet. maka dari itu kami menerima kritik dan saran dari semua pihak agar dapat menyempurnakan makalah ini.
            Demikianlah makalah ini kami buat,mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat dan berguna di masa sekarang maupun dimasa yang akan datang. Atas partisipasinya kami ucapkan terima kasih.












i

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR...............................................................................................................i
DAFTAR ISI.............................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN.........................................................................................................1
A.    Latar belakang................................................................................................................1
B.     Rumusan masalah...........................................................................................................1
C.     Batasan masalah.............................................................................................................1
BAB II ISI.................................................................................................................................2
A.    Pengertian strategi pembelajaran....................................................................................2
B.     Hakikat anak usia dini....................................................................................................3
1.      Pengertian anak usia  ini…………...........................................................................3
2.      Karakteristik anak usia dini………………………………….…………….............4
3.      Prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini……………………………..............4
BAB III PENUTUP..................................................................................................................5
A.    Kesimpulan....................................................................................................................6
B.     Kritik dan saran.............................................................................................................6
DAFTAR RUJUKAN




ii


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Strategi Pembelajaran AUD sebagai program pendidikan berfungsi sebagai pedoman umum dalam penyelenggaraan sistem pendidikan. Strategi Pembelajaran AUD menurut garis-garis besar program kegiatan yang harus dilakukan dalam setiap penyelenggaraan pendidikan, antara lain Strategi Pembelajaran.
B.     Rumusan masalah
Pengetahuan atau pemahaman tentang Strategi Pembelajaran ini sungguh sangat berguna dalam segala sesuatu sebelum proses belajar mengajar dilakukan dan merupakan sebagai program pendidikan, yang merupakan pedoman umum bagi pelaksanaan pendidikan agar penyelenggaraan sistem pendidikan dapat berjalan dengan sistematis. Karena itu sangat di harapkan kepada semua saudara/saudari agar mempelajari kurikulum tersebut dengan bersungguh-sungguh dan sekaligus menerapkan pengetahuan yang di peroleh itu saat berinteraksi dengan sesama manusia.
C.     Batasan masalah
Adapun tujuan yang akan di capai dalam pokok bahasan ini agar dapat menjelaskan mengenai:
a.       Pengertian strategi pembelajaran
b.      Hakikat anak usia dini
Dalam pokok bahasan tersebut batasan pengantar pendidikan yang di buat merupakan program belajar bagi siswa memuat rencana yang di susun secara logis dan sistematis yang di berikan pihak sekolah untuk membantu pengembangan pribadi siswa kearah pencapaian tujuan pendidikan.

1
BAB  II ISI
STRATEGI PEMBELAJARAN

A.    Pengertian strategi pembelajaran
Menurut para ahli :
  • Hamzah B. Uno (2008:45) : Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses pembelajaran.
  • Dick dan Carey (2005:7) : Strategi pembelajaran adalah komponen-komponen dari suatu set materi termasuk aktivitas sebelum pembelajaran, dan partisipasi peserta didik yang merupakan prosedur pembelajaran yang digunakan kegiatan selanjutnya.
  • Suparman (1997:157) : Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik, peralatan dan bahan, dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
  • Hilda Taba : Strategi pembelajaran adalah pola atau urutan tongkah laku guru untuk menampung semua variabel-variabel pembelajaran secara sadar dan sistematis.
  • Gerlach dan Ely (1990) : Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.
  •  Kemp (1995) : Stategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Strategi pembelajaran adalah pola umum perbuatan guru dan murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar. Strategi pembelajaran dapat pula diartikan dengan metode pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

2

B.     Hakikat anak usia dini
Dalam undang-undang tentang sistem pendidikan nasional dinyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun.
sehingga yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut (UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 14).
Ada berbagai kajian tentang hakikat anak usia dini, khususnya anak TK diantaranya oleh Bredecam dan Copple, Brener, serta Kellough (dalam Masitoh dkk., 2005: 1.12 – 1.13) sebagai berikut.
a.       Anak bersifat unik.
b.      Anak mengekspresikan perilakunya secara relative spontan.
c.       Anak bersifat aktif dan enerjik.
d.      Anak itu egosentris.
e.       Anak memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan antusias terhadap banyak hal.
f.       Anak bersifat eksploratif dan berjiwa petualang.
g.      Anak umumnya kaya dengan fantasi.
h.      Anak masih mudah frustrasi.
i.        Anak masih kurang pertimbangan dalam bertindak.
j.        Anak memiliki daya perhatian yang pendek.

1.      Pengertian anak usia dini
Anak usia dini adalah anak yang baru dilahirkan sampai usia 6 tahun. Usia ini merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak (Yuliani Nurani Sujiono, 2009: 7). Usia dini merupakan usia di mana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Usia dini disebut sebagai usia emas (golden age). Makanan yang bergizi yang seimbang serta stimulasi yang intensif sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tersebut.

3


2.      Karakteristik anak usia dini adalah aktif melakukan berbagai eksplorasi dalam kegiatan bermain, maka sesuai dengan karakteristik tersebut proses pembelajarannya ditekankan pada aktivitas dalam bentuk belajar sambil bermain yang menekankan pada pengemangan potensi di bidang fisik, intelegensi, sosial-emosional bahasa dan komunikasi menjadi kompetensi/kemampuan yang secara aktual dimiliki anak.

3.      Prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini
Prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini berbeda dengan prinsip-prinsip perkembangan fase kanak-kanak akhir dan seterusnya. Adapun prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini menurut Bredekamp dan Coople (Siti Aisyah dkk., 2007 : 1.17 – 1.23) adalah sebagai berikut.
a)      Perkembangan aspek fisik, sosial, emosional, dan kgnitif anak saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain.
b)      Perkembangan fisik/motorik, emosi, social, bahasa, dan kgnitif anak terjadi dalam suatu urutan tertentu yang relative dapat diramalkan.
c)      Perkembangan berlangsung dalam rentang yang bervariasi antar anak dan antar bidang pengembangan dari masing-masing fungsi.
d)     Pengalaman awal anak memiliki pengaruh kumulatif dan tertunda terhadap perkembangan anak.
e)      Perkembangan anak berlangsung ke arah yang makin kompleks, khusus, terorganisasi dan terinternalisasi.
f)       Perkembangan dan cara belajar anak terjadi dan dipengaruhi oleh konteks social budaya yang majemuk.
g)      Anak adalah pembelajar aktif, yang berusaha membangun pemahamannya tentang tentang lingkungan sekitar dari pengalaman fisik, social, dan pengetahuan yang diperolehnya.
4

h)      Perkembangan dan belajar merupakan interaksi kematangan biologis dan lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial.
i)        Bermain merupakan sarana penting bagi perkembangan social, emosional, dan kognitif anak serta menggambarkan perkembangan anak.
j)        Perkembangan akan mengalami percepatan bila anak berkesempatan untuk mempraktikkan berbagai keterampilan yang diperoleh dan mengalami tantangan setingkat lebih tinggi dari hal-hal yang telah dikuasainya.
k)      Anak memiliki modalitas beragam (ada tipe visual, auditif, kinestetik, atau gabungan dari tipe-tipe itu) untuk mengetahui sesuatu sehingga dapat belajar hal yang berbeda pula dalam memperlihatkan hal-hal yang diketahuinya.










5

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Jadi unsur-unsur pendidikan di antaranya pempelajari tentang:
a.       Pengertian strategi pembelajaran
b.      Hakikat anak usia dini
Dalam pokok makalah ini bahwa kita di tuntut untuk dapat menguasai ilmu tersebut.
B.     Kritik dan saran
kami mengakui apabila ada kesalahan pada makalah ini kami mohon maaf, dan kepada pembaca saya berharap agar dapat memberikan kritikan agar kami dapat memperbaiki makalah dengan baik di masa yang akan datang.










6


Daftar Rujukan
Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini (Siti Aisyah, dkk)
Wahyuti20.29
Depag. RI . 2003. Kompetensi Dasa Raudlatul Athfal. Jakarta :  Dirjend Kelembagaan Agama Islam.
sunarto . 2005. Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Raudlatul Athfal. Jakarta :  Dirjend Kelembagaan Agama Islam Direktorat Madrasah   dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum.
http//: Wikipedia.com)
http://wahyuti4tklarasati.blogspot.com/2011/11/karakteristik-anak-usia-dini.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar