MAKALAH
STRATEGI PEMBELAJARAN AUD
Oleh :
1.
Yuli Mestika (12051O3)
2.
Melisa Azni (1205098)
3.
Ayu Ramadhani (1205100)
4.
Hafiza Rosa (1205110)
5.
Alif Laini (1205101)
6.
Nor Eka Sari (1205127)
7.
Despa Ayuni (1205091)
Dosen : Dra.
Hj. Izzati, M. Pd
PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kita ucapkan atas kehadirat allah SWT atas berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan
penyusunan makalah yang berjudul Strategi
Pembelajaran.
dalam penyusunan
makalah ini kami
masih merasa terdapat kekurangan-kekurangan baik pada penulisan maupun pada
materi yang kami dapat melalui sumber buku dan internet. maka dari itu kami menerima kritik dan
saran dari semua pihak agar dapat menyempurnakan makalah ini.
Demikianlah makalah ini kami buat,mudah-mudahan
makalah ini dapat bermanfaat dan berguna di masa sekarang maupun dimasa yang
akan datang. Atas partisipasinya kami
ucapkan terima kasih.
i
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR...............................................................................................................i
DAFTAR
ISI.............................................................................................................................ii
BAB
I
PENDAHULUAN.........................................................................................................1
A. Latar
belakang................................................................................................................1
B. Rumusan
masalah...........................................................................................................1
C. Batasan
masalah.............................................................................................................1
BAB
II ISI.................................................................................................................................2
A. Pengertian strategi pembelajaran....................................................................................2
B. Hakikat anak usia dini....................................................................................................3
1. Pengertian anak usia ini…………...........................................................................3
2. Karakteristik anak usia dini………………………………….…………….............4
3. Prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini……………………………..............4
BAB
III
PENUTUP..................................................................................................................5
A. Kesimpulan....................................................................................................................6
B. Kritik
dan saran.............................................................................................................6
DAFTAR
RUJUKAN
ii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Strategi
Pembelajaran AUD sebagai program pendidikan berfungsi
sebagai pedoman umum dalam penyelenggaraan sistem pendidikan. Strategi Pembelajaran AUD
menurut garis-garis besar program kegiatan yang harus dilakukan
dalam setiap penyelenggaraan pendidikan, antara lain Strategi Pembelajaran.
B. Rumusan
masalah
Pengetahuan atau pemahaman tentang Strategi Pembelajaran
ini sungguh sangat berguna dalam segala sesuatu sebelum proses belajar mengajar
dilakukan dan merupakan sebagai program pendidikan, yang merupakan pedoman umum
bagi pelaksanaan pendidikan agar penyelenggaraan sistem pendidikan dapat
berjalan dengan sistematis. Karena itu sangat di harapkan kepada semua
saudara/saudari agar mempelajari kurikulum tersebut dengan bersungguh-sungguh
dan sekaligus menerapkan pengetahuan yang di peroleh itu saat berinteraksi
dengan sesama manusia.
C. Batasan
masalah
Adapun tujuan yang akan di capai
dalam pokok bahasan ini agar dapat menjelaskan mengenai:
a. Pengertian strategi pembelajaran
b. Hakikat anak usia dini
Dalam pokok bahasan tersebut
batasan pengantar pendidikan yang di buat merupakan program belajar bagi siswa
memuat rencana yang di susun secara logis dan sistematis yang di berikan pihak
sekolah untuk membantu pengembangan pribadi siswa kearah pencapaian tujuan
pendidikan.
1
BAB II ISI
STRATEGI PEMBELAJARAN
A.
Pengertian
strategi pembelajaran
Menurut para ahli :
- Hamzah
B. Uno (2008:45) : Strategi pembelajaran merupakan hal yang perlu
diperhatikan guru dalam proses pembelajaran.
- Dick
dan Carey (2005:7) : Strategi pembelajaran adalah komponen-komponen dari
suatu set materi termasuk aktivitas sebelum pembelajaran, dan partisipasi
peserta didik yang merupakan prosedur pembelajaran yang digunakan kegiatan
selanjutnya.
- Suparman
(1997:157) : Strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan
kegiatan, cara mengorganisasikan materi pelajaran peserta didik, peralatan
dan bahan, dan waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
- Hilda
Taba : Strategi pembelajaran adalah pola atau urutan tongkah
laku guru untuk menampung semua variabel-variabel pembelajaran secara
sadar dan sistematis.
- Gerlach
dan Ely (1990) : Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih
untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran
tertentu.
- Kemp
(1995) : Stategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran
yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat
dicapai secara efektif dan efisien.
Strategi
pembelajaran adalah pola umum perbuatan guru dan murid dalam perwujudan
kegiatan belajar mengajar. Strategi pembelajaran dapat pula diartikan dengan
metode pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
2
B.
Hakikat anak
usia dini
Dalam
undang-undang tentang sistem pendidikan nasional dinyatakan bahwa pendidikan
anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak
lahir sampai dengan usia enam tahun.
sehingga yang dilakukan melalui
pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan
jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih
lanjut (UU Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Ayat 14).
Ada
berbagai kajian tentang hakikat anak usia dini, khususnya anak TK diantaranya
oleh Bredecam dan Copple, Brener, serta Kellough (dalam Masitoh dkk., 2005:
1.12 – 1.13) sebagai berikut.
a.
Anak bersifat unik.
b.
Anak mengekspresikan
perilakunya secara relative spontan.
c.
Anak bersifat aktif dan
enerjik.
d.
Anak itu egosentris.
e.
Anak memiliki rasa
ingin tahu yang kuat dan antusias terhadap banyak hal.
f.
Anak bersifat
eksploratif dan berjiwa petualang.
g.
Anak umumnya kaya
dengan fantasi.
h.
Anak masih mudah
frustrasi.
i.
Anak masih kurang
pertimbangan dalam bertindak.
j.
Anak memiliki daya
perhatian yang pendek.
1.
Pengertian anak
usia dini
Anak usia dini adalah anak yang baru
dilahirkan sampai usia 6 tahun. Usia ini merupakan usia yang sangat menentukan
dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak (Yuliani Nurani Sujiono, 2009:
7). Usia dini merupakan usia di mana anak mengalami pertumbuhan dan
perkembangan yang pesat. Usia dini disebut sebagai usia emas (golden age). Makanan yang bergizi
yang seimbang serta stimulasi yang intensif sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan
dan perkembangan tersebut.
3
2. Karakteristik
anak usia dini adalah aktif melakukan berbagai eksplorasi dalam kegiatan
bermain, maka sesuai dengan karakteristik tersebut proses pembelajarannya
ditekankan pada aktivitas dalam bentuk belajar sambil bermain yang menekankan
pada pengemangan potensi di bidang fisik, intelegensi, sosial-emosional bahasa
dan komunikasi menjadi kompetensi/kemampuan yang secara aktual dimiliki anak.
3. Prinsip-prinsip
perkembangan anak usia dini
Prinsip-prinsip perkembangan anak usia
dini berbeda dengan prinsip-prinsip perkembangan fase kanak-kanak akhir dan
seterusnya. Adapun prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini menurut
Bredekamp dan Coople (Siti Aisyah dkk., 2007 : 1.17 – 1.23) adalah sebagai
berikut.
a) Perkembangan
aspek fisik, sosial, emosional, dan kgnitif anak saling berkaitan dan saling
mempengaruhi satu sama lain.
b) Perkembangan
fisik/motorik, emosi, social, bahasa, dan kgnitif anak terjadi dalam suatu
urutan tertentu yang relative dapat diramalkan.
c) Perkembangan
berlangsung dalam rentang yang bervariasi antar anak dan antar bidang
pengembangan dari masing-masing fungsi.
d) Pengalaman
awal anak memiliki pengaruh kumulatif dan tertunda terhadap perkembangan anak.
e) Perkembangan
anak berlangsung ke arah yang makin kompleks, khusus, terorganisasi dan
terinternalisasi.
f) Perkembangan
dan cara belajar anak terjadi dan dipengaruhi oleh konteks social budaya yang
majemuk.
g) Anak
adalah pembelajar aktif, yang berusaha membangun pemahamannya tentang tentang
lingkungan sekitar dari pengalaman fisik, social, dan pengetahuan yang
diperolehnya.
4
h) Perkembangan
dan belajar merupakan interaksi kematangan biologis dan lingkungan, baik
lingkungan fisik maupun lingkungan sosial.
i)
Bermain merupakan
sarana penting bagi perkembangan social, emosional, dan kognitif anak serta
menggambarkan perkembangan anak.
j)
Perkembangan akan
mengalami percepatan bila anak berkesempatan untuk mempraktikkan berbagai
keterampilan yang diperoleh dan mengalami tantangan setingkat lebih tinggi dari
hal-hal yang telah dikuasainya.
k) Anak
memiliki modalitas beragam (ada tipe visual, auditif, kinestetik, atau gabungan
dari tipe-tipe itu) untuk mengetahui sesuatu sehingga dapat belajar hal yang
berbeda pula dalam memperlihatkan hal-hal yang diketahuinya.
5
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Jadi unsur-unsur pendidikan di
antaranya pempelajari tentang:
a. Pengertian strategi pembelajaran
b. Hakikat anak usia dini
Dalam
pokok makalah ini bahwa kita di tuntut untuk dapat menguasai ilmu tersebut.
B. Kritik
dan saran
kami
mengakui apabila ada kesalahan pada makalah ini kami mohon maaf, dan kepada pembaca saya
berharap agar dapat memberikan kritikan agar kami dapat memperbaiki makalah dengan baik
di masa yang akan datang.
6
Daftar Rujukan
Perkembangan dan Konsep Dasar
Pengembangan Anak Usia Dini (Siti Aisyah, dkk)
Wahyuti20.29
Depag. RI . 2003. Kompetensi
Dasa Raudlatul Athfal. Jakarta : Dirjend Kelembagaan Agama Islam.
sunarto . 2005. Pedoman
Pelaksanaan Kurikulum Raudlatul Athfal. Jakarta : Dirjend
Kelembagaan Agama Islam Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama
Islam pada Sekolah Umum.
http//: Wikipedia.com)
http://wahyuti4tklarasati.blogspot.com/2011/11/karakteristik-anak-usia-dini.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar